Duta Genre Kota Medan 2024 Berperan Penting Sebagai Inspirasi Remaja

Share:

 

Ist


Medan | Garda.id


Pemko Medan Melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APMPPKB) menggelar Pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) Kota Medan Tahun 2024 di hotel Grand Mercure,Jumat (23/8/24).


Ajang yang diikuti 40 remaja dari perwakilan Kecamatan di Kota Medan ini bertujuan agar kalangan remaja memiliki pengetahuan, sikap, dan perilaku yang positif dalam pengembangan diri secara mental, fisik, intelektual, spiritual, dan sosial, sehingga Duta GenRe yang terpilih nantinya mampu menjadi contoh dan figur teladan bagi remaja lainnya terutama dalam menghadapi berbagai tantangan yang dihadapi remaja.


Acara puncak atau Grand Final pemilihan Duta Genre Kota Medan 2024 ini dihadiri Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Asisten Pemerintahan dan Sosial Muhammad Sofyan. Sebelum ditetapkannya Duta Genre, Asisten Pemerintahan dan Sosial bersama Kadis P3APMPPKB dan sejumlah Camat yang hadir menyaksikan penampilan para di finalis Duta Genre.


Dikatakan Sofyan dalam membacakan sambutan Bobby Nasution, kegiatan ini buka sekedar ajang pemilihan, tapi juga langkah konkret menghadapi berbagai tantangan yang dihadapi para remaja kita saat ini seperti pernikahan dini dan penyalahgunaan narkoba.


"Duta Genre yang terpilih nantinya memegang peran penting sebagai agen perubahan di tengah masyarakat. Artinya sebagai teladan dalam menjaga kesehatan dan melestarikan budaya serta turut menginspirasi remaja lain agar menjauhi pernikahan dini dan penyalahgunaan narkoba", kata Aspemsos.


Menurut Aspemsos, pemilihan Duta Genre ini juga menjadi bagian dari persiapan kota Medan dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045. Artinya bertepatan 100 tahun kemerdekaan Indonesia, kita harus memastikan bahwa remaja kita memiliki kesehatan yang optimal, tidak hanya bebasa dari penyakit tetapi juga memiliki pola hidup sehat.


"Ajang ini tentunya juga dapat mendorong remaja kita untuk terus mengasah kecerdasan dan kreativitas mereka sehingga siap bersaing di era industri 4.0 dan menuju 5.0" , ujar Sofyan.


Sofyan menjelaskan, Pemko Medan berkomitmen terus mendukung program-program yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup generasi muda, termasuk melalui program posyandu remaja KEREN ( Kreatif Edukatif Ramah Energik) yang telah berjalan dengan fokus pada pemeriksaan kesehatan bagi remaja dan mencegah perilaku perilaku negatif yang rentan terhadap pada para remaja.


"Pemko Medan juga terus memperkuat inisiatif di bidang Pendidikan dan Kebudayaan agar remaja kita siap menghadapi tantangan masa depan", jelas Sofyan.



Sebelumnya Kadis P3APMPPKB, Edliaty dalam sambutannya mengatakan Pemilihan Duta Genre Kota Medan 2023 ini bertujuan untuk memupuk kebersamaan dan semangat para remaja dari masing-masing kelompok PIK-R dari sekolah maupun kecamatan dan organisasi kampus untuk menjadi roll model bagi remaja.


"Pada Duta Genre Kota Medan ini nantinya dapat menjadi inspirasi bagi remaja lainnya dalam memberikan edukasi untuk hidup sehat mencegah stunting dan terhindarnya dari Triad KRR yaitu Kesehatan Reproduksi remaja", jelasnya.


Selanjutnya terpilih sebagai Duta Genre Kota Medan 2024, Zaky Maulana Siregar dan Cut Adisti Namira. Sedangkan Runner up I terpilih Attallah Sakhi dan Nafiah Ihsani serta Runner up II jatuh pada Zaky Andi Fachrezi dan Inayah Ananda Devira.


Sebagai salah satu finalis dan Runner up II Duta Genre Kota Medan 2024, Inayah Ananda Devira mengaku bersyukur karena dikasih kesempatan sama Allah SWT bisa mengikuti ajang Duta Genre Kota Medan. Tentunya ini menjadi kesempatan dirinya untuk memotivasi banyak remaja, menyebarluaskan virus genre, dan bisa berprestasi untuk memanfaatkan masa remajanya.


"Masa remaja itu singkat, saya ingin memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya, salah satunya dengan ikut ajang ini. Saya ingin membuat masa remaja saya lebih bermakna dan terencana dengan matang, demi masa depan yang lebih baik lagi. Saya juga ingin memotivasi remaja di sekitar saya untuk peduli pada kehidupan remajanya sendiri", kata Inayah.


Menurut Inayah, setelah ajang Duta Genre Kota Medan ini dirinya akan siap menjadi remaja yang menebarkan hal positif untuk teman-teman remaja lainnya.

" Saya akan berusaha sebaik mungkin untuk menjalankan amanah dan tanggung jawab saya sebagai Runner-up II agar bisa terus menginspirasi banyak remaja dan menyebarkan virus-virus genre, melalui banyak kegiatan positif bersama teman-teman duta lainnya", sebutnya.red

Share:
Komentar

Berita Terkini