PRABOWO SUBIANTO.IST |
Garda.id | Leluhur Prabowo Subianto
Purwadi,
Ketua Lokantara.
HP 087864404347
I. Satriya Piningit.
Munculnya satriya piningit terjawab saat Prabowo Subianto terpilih menjadi Presiden. Pemilihan umum tanggal 14 Pebruari 2024 berjalan lancar. Rakyat memberi dukungan berlimpah ruah.
Tampil sebagai pemimpin notonagoro. Artinya Prabowo Subianto menjalankan dhawuh leluhur. Agar mau mengabdi kepada bangsa dan negara. Lila lan legawa kanggo mulyaning negara.
Notonagoro adalah Ratu Adil yang memerintah bumi nusantara. Silsilah Prabowo Subianto berdasarkan kitab Jawa klasik. Ternyata memang trahing kusuma rembesing madu.
1. Prabu Brawijaya Raja Majapahit,
2. Raden Patah Raja Demak I,
3. Sultan Trenggono Raja Demak III,
4. Sunan Prawoto Abdul Mukmin Sirullah Syah Alam Akbar, Raja Demak IV,
5. Joko Kahiman atau Adipati Purwonagoro Bupati Banyumas I
6. Raden Ngabehi Martasura I
7. Raden Ngabehi Martasura II
8. Raden Adipati Martayuda I
9. Raden Adipati Martayuda II
10. Raden Tumenggung Suradipura,
11. Raden Tumenggung Yudanegara II
12. Raden Tumenggung Reksapraja
13. Raden Tumenggung Yudanegara III
14. Raden Tumenggung Yudanegara IV
15. Raden Tumenggung Tejakusuma
16. Raden Tumenggung Yudanegara V
17. Raden Adipati Cakranegara I
18. Raden Tumenggung Mardadireja II
19. Raden Adipati Cakranegara II
20. Raden Adipati Cakranegara III
21. Kanjeng Adipati Mardadireja III
22. Raden Adipati Mangkuprojo,
23. Raden Tumenggung Kartoatmojo,
24. Margono Djojo Hadikusumo pendiri Bank BNI
25. Prof Dr Sumitro Djojo Hadikusumo
26. Jenderal Prabowo Subianto
Mendhem jero mikul dhuwur. Tanggal 22 April 2024 MKRI atau Mahkamah Konstitusi mengesahkan Prabowo Subianto sebagai Presiden Republik indonesia. Pelantikan terjadi pada tanggal 20 Oktober 2024. Ratu Adil Nusantara telah datang.
Trah kusuma rembesing madu. Pranowo Subianto mewarisi darah Biru Majapahit, Demak dan Banyumas. Selayaknya rakyat memilih sebagai pemimpin nusantara.
Pemilihan umum berlangsung aman damai. Tanggal 14 Pebruari 2024 sejarah terukir indah. Prabowo ditetapkan KPU pada tanggal 20 Maret 2024 sebagai Presiden terpilih.
Atas keputusan sidang MKRI tanggal 22 April 2024, maka selanjutnya pada tanggal 24 April 2024 Komisi Pemilihan Umum menetapkan Prabowo Subianto sebagai Presiden RI tahun 2024 - 2029.
Dhandhanggula
Candra alam nusantara yekti,
Jalma limpat kang bakal mranata,
Amung anut lelakone,
Tan endha tan mingkuh,
Awit iku wis dadi garis,
Lakuning tata praja,
Jumbuh kang ginayuh,
Sembada ingkang kajangka,
Nanging kudrat wiradat ingaran pesthi,
Wibawa gana mitra.
Pujangga Jawa memberi ramalan tentang kepemimpinan nusantara. Manusia hebat yang hendak menata. Hanya menurut takdir.
Tidak bisa menghindar.
Karena itu sudah digariskan.
Perjalanan negara
pasti akan tumbuh.
Orang yang bisa memimpin. Tapi Tuhan sungguh punya kehendak. Presiden kedelapan terpilih satu putaran.
Hari esok bakal terjadi dengan terpilihnya Prabowo Subianto. Dalam tembang dhandhanggula Pujangga Jawa meramal. Yakni terpilihnya Presiden RI yang kedelapan.
dhandhanggula
Golong gilig satria pinilih,
Satria guna mitra sapraja,
Trahing kusuma rinonce,
Dharah rembesing madu,
Tedhak turune Majapahit,
Narendra Brawijaya,
Presiden ping wolu,
Mas Prabowo Subianto,
Ati lathi pakarti mapan nyawiji,
Nusantara kuncara.
Leluhur saking tlatah Banyumas,
Asma Bupati Joko Kahiman,
Mumpuni kasarjanane,
Darah rembesing madu,
Trah kusuma jiwa prajurit,
Misuwur sugih bandha,
Kawentar ber bandhu,
Margono kondhang kaloka,
Sumitro Joyo Hadikusumo wasis,
Arum ing nusantara.
Indonesia jaya menyongsong masa depan. Bersatu padu sekalian warga bangsa. Mau
menyokong gagasan pimpinan negara.
Berlainan cita- cita, tapi berjalan mengikuti masa.
Itulah yang disebut kehendak Ilahi.
Tiada bisa diduga
datangnya takdir. Lila lan legawa, kanggo mulyaning negara.
Holobis kuntul baris. Presiden RI kedelapan telah terpilih. Meski harus berupaya tinggi. Hati lidah pikiran harus menyatu. Maka akan kembali pada wadah. Yaitu hadirnya Prabowo Subianto sebagai pemimpin negeri.
II. Lambang Presiden Indonesia.
1.
Satrio Kinunjoro.
Lambang Presiden Soekarno dengan sebutan satriyo kinunjoro. Negara
Indonesia merdeka tanggal 17 Agustus 1945. Munculnya kepemimpinan Presiden Soekarno yang dilambangkan dengan istilah satriya kinunjara. Pujangga Jawa meramalkan dengan kutipan tembang.
dhandhanggula
Purwa kandha ingkang murwakani,
Winastan satriya kinunjara,
Pancen agung labuhane,
Pideksa bakuh kukuh,
Jatidhiri tansah kaesthi,
Nggegana tanpa bandha,
Sugih nama tuhu,
Ginubeti wironing sinjang,
Kadang mitra nanging ana milang miling,
Tanduran jarak mrajak.
Mulanya hendak negeri memulai. Hati bergelar satriya kinunjara. Presiden Soekarno memang berjasa besar. Terus bertekad besar kukuh. Jati diri dipegang teguh
Meskipun tanpa harta, tetap kaya raya. Hanya saja
terlilit nyamping putri. Para handai taulan tetap ada yang ringan tangan.
Tunggak jarak naik mranjak. Roda memang berputar. Presiden Soekarno proklamator NKRI.
2.
Satrio mukti Ngawibowo.
Lambang Presiden Soeharto. Tampilnya kepemimpinan Presiden Soehato yang dilambangkan dengan istilah Satriya mukti minulya. Pujangga Jawa meramalkan dengan kutipan tembang.
dhandhanggula
Gya lumaku lampahe negari,
Sidhem premanem walang ataga,
Padha wedi esuk sore,
Raga sangsaya kukuh,
Nanging sukma parane ngendi,
Satriya mukti minulya,
Kesampar kesandhung,
Kinepung ing semut nangrang,
Kanca rowang barengan mring semut geni,
Warangka mung tumadhah.
Terus berjalan kisah negeri. Hening senyap belalang beterbangan. Rakyat ketakutan, badan dibuat kekuatan.Tapi jiwa entah pergi ke mana. Satriya mukti minulya kesampar kesandhung. Kawan sahabat bersama semut api. Presiden cuma menerima nasib. Presiden Soeharto lengser keprabon madeg pandhita.
3.
Satrio Jinumput Undhagi Kayangan.
Lambang Presiden Habibie. Hadirnya kepemimpinan Presiden BJ Habibie yang dilambangkan dengan istilah Satriya kang jinumput undhagi kayangan. Artinya pemimpin unggul yang ahli teknologi.
Kepemimpinan BJ Habibie memang singkat. Tapi mentes gandhes luwes kewes dhemes. Pujangga Jawa meramalkan dengan kutipan tembang.
dhandhanggula
Nadyan ngadeg mawa ancik-ancik,
Katon dhuwur nanging ora krasa,
Gampang rusak ragangane,
Satriya kang jinumput,
Wignya wasis tata undhagi,
Warga padha mbalela,
Merga salah petung,
Kabentus ing ngawang awang,
Tanpa guna awit getun tiba mburi,
Nata nusantara.
Pengertian penuh makna, walaupun berdiri dengan alas pijakan. Tampak tinggi tapi tidak terasa sulit. Mudah rusak kerangkanya.
Hadirnya pemimpin
Satriya kang jinumput gawe was was laraning ati. Tapi ternyata nyembadani. Demokrasi pulih kembali.
Ada banyak percobaan. Ujian silih berganti. Warga bangsa sama memberontak.
Sebab salah perhitungan. Maka terantuk di angkasa raya. Tak berguna menyesal nanti. Maka hindarilah
kekacauan kelak. Presiden Habibie bekerja untuk negeri.
4.
Satrio Lelono Bumi topi ngrame coco netro.
Lambang Presiden Abdurrahman Wahid.
Terpilihnya kepemimpinan Gus Dur yang dilambangkan dengan istilah Satriya lelana bumi. Pujangga Jawa meramalkan dengan kutipan tembang.
dhandhanggula
Nyata satriya lelana bumi,
Tapa ngrame nadyan caca netra,
Prameswari ndherekake,
Kabeh kudu anuntun,
Mula akeh kang ndherek mukti,
Busana dadi marga,
Lelakon lumaku,
Punggawa padha sumelang,
Paripeksa lampah kedah den pungkasi,
Lukar ageman pasrah.
Presiden Abdurrahman Wahid sungguh istimewa. Satriya lelana bumi,
tapa ngrame nadyan caca netra. Garwa
permaisuri mengikuti. Semua harusdituntun. Maka banyak yang ikut menikmati. Pakaian jadi cara. Keadaan terus berjalan. Aparat sama khawatir. Terpaksa perjalanan harus diakhiri. Maka
ganti busana pasrah sumarah. Presiden Abdurrahman Wahid penjaga keselarasan dunia.
5.
Satrio pawestri among tuwuh hangagem mustaka.
Lambang Presiden Megawati. Maka
terpegangnya kepemimpinan Presiden Megawati yang dilambangkan dengan istilah Satriya pawestri Among tuwuh hangagem mustaka.
Pujangga Jawa meramalkan dengan kutipan tembang.
dhandhanggula
Duking nguni satriya pawestri,
Among tuwuh hangagem mustaka,
Nadyan wanodya yektine,
Lumaku nganti rampung,
Pancen akeh kang samya bekti,
Tumuju ingkang rama,
Setya kang satuhu,
Putih kuning biru abang,
Warna warni sumebar ing saknagari,
Yen crah agawe bubrah.
Pada jaman dulu satriya pawestri, Among tuwuh angagem mustaka. Meski wanita senyatanya Presiden Megawatidapat berjalan sampai selesai. Memang banyak yang berbakti
dengan merujuk pada ayahnya. Setia sungguh- sungguh pada konstitusi.
Keagungan rakyat Indonesia. Warna putih kuning biru merah. Serta ragam menyebar ke pelosok kepulauan nusantara. Presiden Megawati berdarma bakti demi ibu pertiwi.
6.
Satrio Pinilih Hambuko Gapuro.
Lambang Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Proses datangnya kepemimpinan Presiden SBY yang dilambangkan dengan istilah Satriya pinilih mbuka gapura. Pujangga Jawa meramalkan dengan kutipan tembang.
dhandhanggula
Nuli mijil satriya pinilih,
Mbuka gapura hanggelar klasa,
Padha ra jenjem lenggahe,
Punggawa dadi pandung,
Kawula padha berdondi,
Kabeh padha cubriya,
Kanca dadi satru,
Alam dadi karang abang,
Gunung njebluk ombaking kang jalanidhi,
Purna raga kang lungkrah.
Presiden SBY tampil.
Lantas lahir satriya, pinilih, mbuka gapura hanggelar klasa. Yakni Presiden SBY. Padha ra jenjem lenggahe. Pejabat menjadi pemikiran berat. Rakyat saling bertengkar. Semua curiga- mencurigai. Teman bisa bertengkar. Namun akhirnya kembali guyub rukun.
Alam lantas hancur lebur. Gunung meletus samudera pasang. Hadirnya Presiden SBY negara Indonesia kembali normal. Tuhan memberi anugerah.
7.
Satrio Tali Roso.
Lambang Presiden Joko Widodo
Tali roso berarti pengikat rakyat dengan hati sanubari. Hadirnya kepemimpinan Presiden Jokowi yang dilambangkan dengan istilah Satrio tali roso. Pujangga Jawa meramalkan dengan kutipan tembang.
dhandhanggula
Ing mengkone raga mulih pulih,
Lamun ana sukma manjing raga,
Waspada mula bukane,
Tindak sajuru juru,
Satriya tali rasa yekti,
Kinasih pra kawula,
Makutha tan ratu,
Ana jangka kang kajangkah,
Japa mantra samudana anggung manis,
Ngarah arah ing manah.
Demikian itu negara hendak maju. Kalau ada sukma manjing raga. Maka juga ingat asal -usulnya. Yakni mengembara nan jauh. Satriya trah pradata. Kinasih mring kawula,
Makutha kemratu.
Tujuan Presiden Jokowi itu yang diusahakan. Agar
sejahtera bahagia makmur tentram damai. Jangan lupa berdoa tiap hari. Ayu hayu rahayu.
8.
Satrio Gono Mitro Saprojo.
Lambang Presiden Prabowo Subianto.
Gono berarti ilmu pengetahuan. Mitro berarti persaudaraan. Saprojo berarti kenegaraan. Lambang Kepemimpinan nasional selanjutnya yakni kepemimpinan Prabowo Subianto.
Maka selanjutnya dilambangkan dengan istilah Satriyo Wibowo Gono Mitro Saprojo. Pujangga Jawa meramalkan dengan tembang.
dhandhanggula
Warga bangsa kabeh wus mirsani,
Tunggal cipta rasa karsa,
Mrih tentrem ayem wancine,
Rumeksa titah hayu,
Bowo Gono Mitro pinilih,
Satriya kang gumregah,
Sugih bandha bandhu,
Wewarah hukum lumampah,
Nusantara ngalami kencana rukmi,
Ngejayeng jagat raya.
Candrajiwa Presiden Prabowo Subianto berlandaskan kawruh. Tafsir wulangan itu cukup bermakna. Jika putra bangsa sudah tahu. Lambang yang dipahami aparat pejabat. Supaya makmur ayem tentrem. Maka tak putus dalam usaha. Satria Wibowo Gono Mitro menjunjung tinggi hukum negara.
Presiden Prabowo Subianto bekerja untuk ibu pertiwi.
Trah Prabu Brawijaya raja Majapahit. Keturunan ngawirya yang memang pejabat kaya raya.
Tatanan selalu berjalan. Wulang wuruk pemimpin Jawa tetap relevan. Suksesi nasional sebaiknya dibahas dalam perspektif budaya. Agar suasana selalu subur makmur ayem tentrem aman damai.
Prabu Brawijaya menurunkan pemimpin besar nusantara. Prabowo Subianto mewarisi keagungan Kraton Majapahit. Negara Kesatuan Republik Indonesia makin jaya makmur aman sentosa damai ayem tentrem. Nusantara mengalami jaman kencana rukmi.
III. Pendiri Kadipaten Banyumas.
Trah Kadipaten Banyumas dan pendiri Kadipaten Banyumas. Serat Babad Banyumas memberi informasi yang terang benderang. Kawibawan kawidadan kabagyan lan kamulyan berkilauan. Tepa palupi merupakan tuntunan yang bersumber dari paugeran para leluhur.
Pada masa kerajaan Demak Bintara nama Banyumas masih disebut Banyukerto. Wilayah ini langsung diperintah oleh Kadipaten Semarang. Pembina wilayah Banyukerto dipegang oleh Ki Ageng Pandan Aran. Pembesar kadipaten Semarang ini masih keturunan Adipati Yunus Syah Alam Akbar. Beliau adalah Sultan Demak Bintara. Perlu dilacak leluhur Prabowo Subianto yang mewariskan nilai kebajikan.
Dhandhanggula
Babad Banyumas ingkang winarni,
Murwani jaman Demak Bintara,
Ganda melathi rinonce,
Angambar wangi arum,
Wedharan ing Tanah Jawi,
Lumantar Wali Sanga,
Gancar mbabar kawruh,
Jaka Tingkir Kraton Pajang,
Mandhegani murih basuki lestari,
Nama Joko Kahiman.
Prabowo Subianto marisi,
Sumitro Joyo hadikusumo,
Kang Eyang Margono kiye,
Pribadi kang pinunjul,
Hasyim Rahayu Saraswati,
Gya cancut taliwanda,
Nut trahing ngaluhur,
Gumregut greget gumregah,
Jroning kapti arsa ambangun negari,
Mbebela nasib rakyat.
Nasionalisme bersemayam di lubuk hati. Perlu ditelusuri asal usul berdirinya Kabupaten Banyumas. Lama kelamaan daerah Banyukerto semakin maju. Pertanian, perkebunan, peternakan, perdagangan berjalan lancar. Rakyat pun hidup makmur sejahtera. Kekuasaan Demak berpindah ke Pajang. Kerajaan Pajang diperintah oleh Joko Tingkir atau Sultan Hadiwijaya. Raja Pajang ini memang sakti mandraguna. Beliau masih berdarah Majapahit, Demak dan Pengging. Pada dirinya mengalir darah biru, bangsawan besar Jawa. Benar benar trahing kusuma rembesing madu, wijining amara tapa, tedhaking andana warih.
Kedudukan Joko Tingkir di Kerajaan Pajang sangat kuat. Begitu menduduki tahta semua kekuatan politik dirangkul. Selama memegang kekuasaan Joko Tingkir atau Sultan Hadiwijaya selalu bisa momong momor momot. Putra Sunan Prawoto pewaris Kasultanan Demak Bintara bernama Raden Joko Kahiman. Sewaktu berguru kepada Sunan Kalijaga, Joko Kahiman bernama santri Abdul Mukmin.
Sultan Hadiwijaya raja Pajang menetapkan Raden Joko Kahiman sebagai penguasa Banyukerto. Saat itu Banyukerto berstatus Kawedanan. Trah Demak dan Pajang menata Banyumas. Paugeran dijunjung tinggi oleh leluhur Prabowo Subianto dalam pengabdian.
Kinanthi
Joko Kahiman satuhu,
Titis wasis samukawis,
Atmaja Sunan Prawata,
Kinen jumeneng Bupati,
Pangarsa tlatah Banyumas,
Dhawuh raja Jaka Tingkir.
Begitu Joko Kahiman dilantik status Banyukerto dinaikkan dari Kawedanan menjadi Kabupaten. Joko Kahiman resmi menjabat sebagai Bupati Banyukerto. Atas usul Pangeran Benawa, nama Banyukerto diubah menjadi Kabupaten Banyumas. Joko Kahiman menjadi bupati Banyumas sejak tanggal 22 Pebruari 1582 hingga1583, dengan gelar Tumenggung Purwonagoro.
Kabupaten Banyumas berhasil sebagai daerah pemekaran. Pengganti Bupati Purwonagoro bernama Raden Ngabehi Martasura I yang memerintah tahun 1583-1600. Kekuasaan Jawa bergeser dari Pajang ke Mataram. Rajanya bernama Panembahan Senopati. Raden Ngabehi Martasura I berasal dari Paremono Muntilan Magelang.
Bupati Banyumas ini masih putra Patih Manca Negara, perdana menteri jaman kerajaan Pajang. Selama tinggal di Magelang, Raden Ngabehi Martasura I belajar tata pemerintahan, tata praja dan udanagara. Pemerintahan Mataram selanjutnya dipegang oleh Sinuwun Prabu Hadi Hanyokrowati tahun 1601-1613. Raja ahli bangunan megah. Leluhur Prabowo Subianto banyak yang yang menjadi pemimpin.
Mijil
Bupati sigra sengkut makarti,
Manunggal gumolong,
Cipta rasa karsa karya gedhe,
Linambaran pakarti pekerti,
Banyumas sejati,
Lila guyub rukun.
Kompak bersatu kokoh. Bupati Banyumas dipegang pejabat baru. Beliau adalah Raden Ngabehi Martapura II. Istrinya berasal dari Pati, anak Ki Ageng Penjawi. Istri sang bupati populer disebut Ratu Adipati Wicaksono Arum. Beliau seorang putri linuwih, cerdas, ramah, cekatan, pintar, lincah, pemurah dan welas asih. Tentu saja kehadiran Ratu Adipati Wicaksono Arum menjadi idola buat sekalian warga Kadipaten Banyumas.
Suluk sawang sasi
Wanudya ayu tama ngambar,
aruming kusuma, wadana asawang sari, o,
ri sedhenging purnama sidi,
netya njahit esmu lindri,
grana rungih milangeni,
tuhu mustikane putri tetunggule widodari.
Keunggulan leluhur Prabowo Subianto terletak pada aspek ulat patrap pangucap. Darma bakti untuk ibu pertiwi.
IV. Kadipaten Banyumas.
Bupati Banyumas pertama kali dijabat oleh Raden Joko Kahiman. Leluhur Prabowo Subianto ini adalah putra Sunan Prawoto Abdul Mukmin Sirullah Syah Alam Akbar.
Dari trah Majapahit, Demak dan Pajang lantas berdarma bakti di Kabupaten Banyumas. Leluhur Prabowo Subianto mengalami masa kejayaan.
Demikianlah penduduk Kabupaten memberi pujian kepada Nyonya Bupati Raden Ngabehi Martapura II. Rakyat betul betul ayem tentrem, aman damai dan guyub rukun. Daftar para Bupati Banyumas.
1. Raden Djoko Kahiman, 1582-1583. Dilantik pada masa kerajaan Pajang. Rajanya bernama Sultan Hadiwijaya.
2. Raden Ngabehi Martasura I, 1583-1600. Dilantik pada masa ke-rajaan Mataram. Rajanya bernama Panembahan Senopati.
3. Raden Ngabehi Martasura II, 1601-1620.
Dilantik pada masa kerajaan Mataram. Rajanya bernama Prabu Hadi Hanyokrowati.
4. Raden Adipati Martayuda I, 1620-1650.
Dilantik pada masa kerajaan Mataram. Rajanya bernama Sultan Agung Hanyokrokusuma.
5. Raden Tumenggung Martayuda II, 1650-1678.
Dilantik pada masa kerajaan Mataram. Rajanya bernama Sri Susuhunan Amangkurat Agung.
6. Raden Tumenggung Suradipura, 1678-1707.
Dilantik pada masa kerajaan Mataram. Rajanya bernama Sri Susuhunan Amangkurat Amral.
7. Raden Tumenggung Yudanegara II, 1707-1745.
Dilantik pada masa kerajaan Mataram. Rajanya bernama Sri Susuhunan Paku Buwana I.
8. Raden Tumenggung Reksapraja, 1745-1749.
Dilantik pada masa kerajaan Mataram. Rajanya bernama Sri Susuhunan Paku Buwana II.
9. Raden Tumenggung Yudanegara III, 1749-1755.
Dilantik pada masa kerajaan Mataram. Rajanya bernama Sri Susuhunan Paku Buwana III.
10. Raden Tumenggung Yudanegara IV, 1755-1780.
Dilantik pada masa kerajaan Surakarta Hadiningrat. Rajanya bernama Sri Susuhunan Paku Buwana III.
11. Raden Tumenggung Tejakusuma, 1780-1788.
Dilantik pada masa kerajaan Surakarta Hadiningrat. Rajanya bernama Sri Susuhunan Paku Buwana III.
12. Raden Tumenggung Yudanegara V, 1788-1816.
Dilantik pada masa kerajaan Surakarta Hadiningrat. Rajanya bernama Sri Susuhunan Paku Buwana IV.
13. Raden Adipati Cakranegara I, 1816-1830.
Dilantik pada masa kerajaan Surakarta Hadiningrat. Rajanya bernama Sri Susuhunan Paku Buwana IV.
14. Raden Tumenggung Mardireja II, 1830-1832.
Dilantik pada masa kerajaan Surakarta Hadiningrat. Rajanya bernama Sri Susuhunan Paku Buwana VII.
15. Raden Adipati Cakranagara II, 1832-1864.
Dilantik pada masa kerajaan Surakarta Hadiningrat. Rajanya bernama Sri Susuhunan Paku Buwana VII.
16. Raden Adipati Cakranagara III, 1864-1879.
Dilantik pada masa kerajaan Surakarta Hadiningrat. Rajanya bernama Sri Susuhunan Paku Buwana IX.
17. KPA Martadireja III, 1879-1913. Dilantik pada masa kerajaan Surakarta Hadiningrat. Rajanya bernama Sri Susuhunan Paku Buwana IX.
18. KPAA Ganda Subrata, 1913-1933. Dilantik pada masa kerajaan Surakarta Hadiningrat. Rajanya bernama Sri Susuhunan Paku Buwana X.
19. RAA Sujiman Ganda Subrata, 1933-1950.
Dilantik pada masa kerajaan Surakarta Hadiningrat. Rajanya bernama Sri Susuhunan Paku Buwana X.
20. Raden Moh Kabul Purwodireja, 1950-1953.
Dilantik pada masa Presiden Soekarno.
21. RE Budiman, 1953-1957.
Dilantik pada masa Presiden Soekarno.
22. M. Mirun Prawiradireja, 1957. Dilantik pada masa Presiden Soekarno.
23. Raden Bayu Nuntoro, 1957-1960.
Dilantik pada masa Presiden Soekarno.
24. Raden Subagyo, 1960-1966. Dilantik pada masa Presiden Soekarno.
25. Letkol Sukarno Agung, 1966-1971. Dilantik pada masa Presiden Soeharto.
26. Kol Poedjadi Bandayuda, 1971-1978. Dilantik pada masa Presiden Soeharto.
27. Kol RG Rudjito, 1978-1988.
Dilantik pada masa Presiden Soeharto.
28. Kol Djoko Sudantoko, 1988-1998.
Dilantik pada masa Presiden Soeharto.
29. Kel Aris Setiono, 1998- 2008.
Dilantik pada masa Presiden BJ Habibie.
30. Drs. H Marjoko, 2008-2013.
Dilantik pada masa Presiden Susila Bambang Yudhoyono.
31. Ir KPH Purbowinoto Achmad Husein, 2013.
Dilantik pada masa Presiden Susila Bambang Yudhoyono.
Kanjeng Ratu Wiratsari Mengantar Kejayaan Kabupaten Banyumas. Prestasi Kabupaten Banyumas semakin cemerlang. Di mana mana nama Banyumas selalu jadi buah bibir. Publik dibuat terkagum -kagum pada hasil pembangunan segala bidang. Popularitas Banyumas sungguh moncer. Kemajuan kabupaten Banyumas tak lepas dari peran Kanjeng Ratu Wiratsari. Sinuwun Sri Susuhunan Amangkurat Agung, raja kraton Mataram keempat yang memerintah tahun 1645-1677. Selama memimpin Mataram, Amangkurat mendapat sokongan Kanjeng Ratu Wiratsari. Contoh leluhur Prabowo Subianto yang mewariskan nilai keteladanan.
V. Pemberdayaan Kehidupan.
Kreativitas leluhur Prabowo Subianto pantas diteladani. Misal Ratu Wiratsari Pelopor Banyumas.
Siapa Kanjeng Ratu Wiratsari yang menjadi garwa prameswari Sinuwun Amangkurat Agung? Beliau adalah cicit Joko Tingkir. Ayahnya seorang Bupati Pengging, Pangeran Radin. Orang lebih mengenal dengan nama Pangeran Kajor. Beliau tuan tanah. Tanah Kajoran berada di mana mana. Singkat kata Ratu Wiratsari keturunan orang kaya. Apalagi semasa hidupnya di Banyumanik Semarang, Kanjeng Ratu Wiratsari punya bisnis, gamping, kayu jati, mebel, minyak tanah, perahu, pelayaran dan pelabuhan. Pada jamannya beliau pengusaha besar.
Tumenggung Yudanegara IV adalah Bupati Banyumas. Dia keturunan Ki Ageng Wonosobo. Masih kemenakan Kanjeng Ratu Wiratsari. Lagi pula pada masa kecilnya Tumenggung Yudanegara diasuh oleh permaisuri Sinuwun Amangkurat Agung. Beliau seperti anak sendiri. Atas perintah Ratu Wiratsari, Bupati Banyumas membangun pesanggrahan Puja Retna di Batu Raden, kaki gunung Slamet. Vila mewah ini kerap digunakan oleh pejabat Mataram. Bahkan Sri Susuhunan Amangkurat Agung pernah menginap di pesanggrahan Puja Retna.
Rintisan peristirahatan di vila Puja Retna ini menjadi cikal bakal terbentuknya kawasan wisata Batu Raden. Lambat laun wisata Batu Raden terkenal sebagai tempat wisata pegunungan yang indah permai. Kanan kiri pesanggrahan Puja Retna ditanami teh, kopi, cengkeh, manggis, pepaya dan pisang. Taman wisata Batu Raden menjadi tempat menerima tamu saat berkunjung ke kabupaten Banyumas.
Ibu negara yang mumpuni. Selaku garwa pameswari atau ibu negara Kraton Mataram, Kanjeng Ratu Wiratsari memajukan perdagangan. Dibangun pasar di Ajibarang, Wangon dan Cilongok. Pasar ini dibangun pada tanggal 22 Pebruari 1659. Giliran jadwal pasaran demi pemerataan. Sikap pemurah keluarga Prabowo Subianto terus lestari.
Gambuh
Bangunan saka kayu,
Ing pangajab pikantuk rahayu,
Amangkurat Kanjeng Ratu Wiratsari,
Banyumas tambah ngrembuyung,
Suka gembira rinaos.
Ratu Wiratsari mendirikan kantor di desa Lesmana Ajibarang Banyumas. Kantor darma wanita cabang Mataram ini multiguna. Pendapa dibangun dengan ruangan yang luas. Pelataran dibuat asri indah. Orang pun kerap bermain sekedar melepas lelah. Pendapa ini dilengkapi gamelan pelog slendro. Muda mudi berlatih seni, karawitan, pedalangan dan tari. Tiap malem Kamis Pahing bertepatan dengan wiyosan Kanjeng Ratu Wiratsari, para siswa seni ini diberi kesempatan untuk pentas. Suguhan mbanyu mili. Tentu semua merasa senang.
Ricik ricik
Ricik kumricik banyune wis rata,
Sedhela maning bapake wis teka,
Inyong kaget adhuh rika mbeta napa,
Bungkus pwthak nku isi sega.
Bidang pertanian tidak lepas dari perhatian kanjeng Ratu Wiratsari. Pengairan diurus sebaik -baiknya. Kali Serayu diatur alirannya. Kanjeng Raden Tumenggung Tirtanagara adalah menteri pengairan Kraton Mataram. Selama tiga tahun ditugaskan untuk menata daerah aliran sungai Serayu. Bendungan banyak dibangun sebagai sarana irigasi pertanian yang meliputi daerah Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas dan Cilacap. Pada tanggal 22 Pebruari 1657 Sinuwun Amangkurat Agung meresmikan tata pengairan di Banyumas.
Gagasan untuk kesejahteraan terus digalakkan. Setiap bendungan ada budi daya perikanan. Tawes, kakap, nila, mujahir, lele, udang dipelihara dengan metode perikanan yang maju. Kanjeng Ratu Wiratsari memberi bantuan nyata. Tenaga ahli didatangkan dari negeri Tamasek Singapura. Hasilnya meningkat, kemakmuran berlipat ganda. Bahkan hasil perikanan Serayu Banyumas diekspor ke Timur Tengah, Asia Selatan dan Asia Timur.
Serayu
Adhuh segere banyune ing sendhang,
ilang kesele wis mari le mriyang,
banyune bening nyegerake ati,
kudu sing eling mring tindak kang suci.
Tembang Serayu khas Banyumasan tersebut populer di tengah masyarakat. Sebagai tanda ungkapan bersyukur.
Bagi masyarakat kabupaten Banyumas Sri Susuhunan Amangkurat Agung dan Kanjeng Ratu Wiratsari adalah pahlawan besar. Beliau berdua mewariskan jasa yang patut dikenang sepanjang masa. Pada tanggal 10 Juli 1677 Sri Susuhunan Amangkurat Agung wafat di Lesmana Ajibarang Banyumas. Jenazahnya dimakamkan di daerah Pakuncen Tegal Arum Adiwerna Tegal.
Keagungan Purwokerto Sebagai Ibukota Kabupaten Banyumas. Kompleks perkantoran kabupaten Banyumas berada di kota Purwokerto. Nama Purwakerto diabadikan oleh Kanjeng Ratu Wiratsari pada tahun 1659. Kesadaran historis perlu dikembangkan Daerah Banyukerto tetap dilestarikan dalam bentuk pemekaran morfologis. Kata majemuka Banyukerto lebih diperluas makna semantis, yaitu Banyumas dan Purwokerto. Banyumas berarti air emas. Lambang kejayaan, keemasan, kemakmuran. Purwokerto berarti asal mula berkarya, bekerja, berproduksi. Lambang kerja keras, perjuangan dan usaha mandiri. Kewibawaan, kawidadan, kamulyan lan karaharjan menyertai masyarakat kabupaten Banyumas yang beribukota di Purwokerto yang tersohor. Keutamaan leluhur Prabowo Subianto penuh tepa palupi.
Pangkur
Para Bupati Banyumas,
Golong gilig arsa mbangun negari,
Dhawuh Amangkurat Agung,
Nuhoni Ratu Kencana,
Mrih rahayu iline kali Serayu,
Angocori sawah sawah,
Tela pohung jagung pari.
Sandang pangan papan berkecukupan. Pembangunan pendapa kabupaten Banyumas disertai dengan ritual dengan sesaji yang khusus. Soko guru atau tiang utama pendapa Kabupaten Banyumas terbuat dari kayu jati pilihan. Sengaja diambilkan kayu jati dari alas Donoloyo Wonogiri. Alas Donoloyo terkenal sebagai tempat wingit gawat kaliwat liwat. Penebangan kayu jati Donoloyo melalui prosesi ritual dan sesaji yang lengkap. Ratu Wiratsari mengerti betul adat istiadat yang diajarkan oleh leluhur.
Rombongan penebang kayu ini disertai pula sesepuh yang memimpin tata cara wilujengan. Lantas diadakan pentas tayuban lengkap dengan seniman wiyaga dan waranggana. Wilujengan dan tayuban merupakan syarat wajib dalam prosesi penebangan kayu jati Donoloyo. Pendapa Kabupaten Banyumas tampak menyinarkan aura kewibawaan.
Pemandangan ibukota Banyumas memang indah. Tata kota Purwokerto dibuat sesuai dengan standard arsitektur Mataram. Empat hal pokok yang pasti diatur, yakni pendapa kabupaten, pasar, alun- alun dan Masjid Agung.
Pendapa Kabupaten Banyumas di Purwokerto berbentuk joglo limasan. Ruang tengah dilengkapi dengan bagian pringgitan. Bagian belakang terdapat gadri kembar. Rerumputan, tanaman hias dan pepohonan ditata rapi. Mirip dengan taman Maerakaca. Atas saran Kanjeng Ratu Wiratsari, pendapa Kabupaten Banyumas terbuka untuk umum. Para seniman berprestasi diberi kesempatan unjuk kebolehan di ruang pendapa. Tumenggung Martayuda II beruntung sekali saat menjadi bupati.
Pembangunan kompleks perkantoran Bupati Banyumas di Purwakerto melibatkan juru ukir dari Sukodono, Tahunan, Jepara. Mereka adalah juru ukir ternama yang pernah mengabdi kepada Kanjeng Ratu Kalinyamat. Darah pengusaha mengalir pada trah Prabowo Subianto dalam kehidupan.
Asmarandana
Kanjeng Ratu Wiratsari,
Prameswari Amangkurat,
Yasa Kedhaton Pamase,
Ambangun tlatah Banyumas,
Ing Lesmana Ajibarang,
Pra kawula mesem ngguyu,
Kadang tani among dagang.
Kecintaan rakyat kepada Amangkurat begitu lekat. Sedangkan pondasi bangunan dikerjakan oleh ahli semen gamping dari Tuban. Sementara untuk penerangan dikerjakan oleh personil dari Cepu. Semua ahli bangunan itu didatangkan oleh Kanjeng Ratu Wiratsari atas biaya sendiri. Maklum beliau memiliki sumber finansial yang berlimpah ruah. Usaha bisnis Ratu Wiratsari sedang lancar lancarnya. Jarak antar pusat daerah dibuat 30 km dari wilayah Cilacap, Kebumen, Banjar-negara dan Bumiayu. Tata kota yang ideal.
Pucung
Alun alun papan amba kebak purun,
Aneng Purwakerta,
Among dagang laris manis,
Amangkurat paring cahya kang sumirat.
Keperluan umum disediakan raja.
Alun-alun digunakan sebagai ruang publik. Siang malam orang berkunjung. Pedagang mainan, minuman dan makanan selalu beruntung. Tapi semua berjalan tertib, karena warga terlatih untuk taat aturan. Alun -alun benar- benar tempat yang regeng dan nggayeng. Sebelahnya dibangun Masjid Agung lengkap dengan bedug Isworogomo yang legendaris. Bedug Isworo gomo ini hadiah dari Kanjeng Sunan Kalijaga di Kadilangu Demak Bintara.
Pasar sebagai pusat ekonomi masyarakat ditata dengan jadwal yang ketat. Pasar induk dijadwal pada Rabu Pon. Setiap lima hari sekali pasar itu beroperasi. Tujuannya untuk pemerataan penghasilan. Jarak antar pasar rata -rata 5 km. Ada pasar Wage, pasar Kliwon, pasar Legi, pasar Paing. Penjadwalan ini menjadi tradisi unik di Tanah Jawa.
Megatruh
Sarwa luhur Banyumas wilayah subur,
Kabawah kraton Mentawis,
Raja Amangkurat Agung,
Sarta Ratu Wiratsari,
Pura Pamase mencorong.
Banyumas makin tersohor. Untuk menghidupkan roda ekonomi, Kanjeng Ratu Wiratsari membina kelompok pengrajin batik dari Gumelem Susukan Banjarnegara. Letaknya di lereng gunung Giri Larangan. Kerajinan batik Gumelem memperlancar arus perdagangan di Kabupaten Banyumas. Hadirnya pasar, sawah, kerajinan, perkebunan dan perdagangan ini mengantarkan Banyumas sebagai kabupaten yang panjang punjung pasir wukir, gemah ripah loh jinawi, tata tentrem karta raharja. Janturan tentang situasi yang ideal ini bisa menjadi kegiatan pada masa sekarang. Perjuangan leluhur Prabowo Subianto terus menerus dalam lintasan peradaban.
VI. Berjuang untuk Kesejahteraan.
Sejahtera lahir batin untuk rakyat dilakukan oleh leluhur Prabowo Subianto. Termasuk dalam pembinaan budaya tradisional.
Seni Edi Peni Budaya Adi Luhung Gagrag Banyumasan. Seni edi peni selalu berhubungan dengan aspek keindahan atau estetika. Budaya adi luhung berhubungan dengan nilai filosofis atau keluhuran Kanjeng Ratu Wiratsari, permaisuri Sinuwun Amangkurat Agung betul betul memberi keseimbangan dalam unsur cerita rasa karsa karya. Kreativitas Kanjeng Ratu Wiratsari mendapat dukungan penuh dari kerajaan Mataram.
Pucung
Desa gunung seni tumangkar ngrembuyung,
Wilayah Banyumas,
Kanjeng Ratu Wiratsari,
Amangkurat nata agung hayuningrat.
Tembang ngumandhang ing awang awang. Seperangkat gamelan pelog slendro dibawa dari Bekonang Sukoharjo. Kanjebg Sinuwun Amangkurat Agung menamakan Gamelan Kyai Harjomanis. Artinya gamelan yang memberi suasana sejahtera bahagia buat seluruh warga Banyumas. Pertama kali gamelan ditabuh dengan gendhing Ganda Mastuti laras pelog pathet nem. Tujuannya agar sekalian pembesar dan penduduk mendapatkan keselamatan lahir batin. Ekologi kali Serayu turut berpengaruh atas leluhur Prabowo Subianto dalam perjuangan.
Kinanthi
Lumaku toya Serayu,
Kinclong kinclong sarwa bening,
Kanjeng Sunan Amangkurat,
Sesarengan prameswari,
Nyawang gunung Slamet endah,
Banyumas kang edi peni.
Gendhing Ganda Mastuti yang ditabuh dengan mat -matan mengalun pelan. Iringannya meliputi gender, rebab, gambang, suling, kendhang bem, kendhang ketipung, kethuk, kenong, kempul. Suara gamelan pelan, tetapi nyaring melantunkan puja -puji. Tumenggung Martayuda II selaku Bupati Banyumas seolah -olah mendapat energi positif. Memang gendhing Ganda Mastuti memuat renungan. Cakupan atau syair diambil dari tembang kinanthi pethikan serat Nitisruti karya Pangeran Karanggayam.
Pagelaran ini pernah dilakukan dengan megah. Pada malam pahargyan yang digelar pada tanggal 5 September 1663, juga dipentaskan budaya Tirta Kencana. Tirta berarti banyu kencana berarti emas. Bedaya Tirta Kencana karya Sinuwun Amangkurat Agung ini dipersembahkan buat kawula dasih kabupaten Banyumas. Sebegitu dalam rasa cinta Sinuwun Amangkurat Agung pada masyarakat Banyumas. Sudah selayaknya gamelan Kyai Harjomanis dan Bedaya Tirta Kencana dilestarikan sebagai pusaka kabupaten.
Pangkur
Dhatulaya Ajibarang,
Papan sumber emas kencana rukmi,
Nata Amangkurat Agung,
Wiratsari kang garwa,
Paring dhawuh mrih Banyumas wutuh tangguh,
Kuwat drajat pangkat semat,
Sugih bandha bandhu budi.
Pahargyan budaya adi luhung berlangsung rutin teratur. Malam berikutnya digelar wayang purwa dengan lakon Begawan Ciptowening. Lakon ini bercerita tentang perjuangan hidup yang mengutamakan konsep pemikiran dan kebersihan hati. Teladannya adalah Raden Arjuna, sang satria agung, lelananging jagad. Arjuna berhasil memberantas satru murka berkat kepandaian dan kerelaan. Dalam pentas ini Sinuwun Amangkurat Agung secara simbolik memberi pelajaran tentang budi pekerti luhur. Sura dira Jayaningrat lebur dening pangastuti. Nasionalisme Prabowo Subianto terus menyala.
Gula Klapa
Gula klapa abang putih sang dwi warna,
Gula klapa iku minangka pratandha,
Sagung warga nuswantara,
Tunggal cipta rasa karsa,
Budi luhur kulinakna,
Watak asor singkirana.
Pada awal pagelaran wayang purwa, Sinuwun Amangkurat Agung paring dhawuh kepada wiyaga dan waranggana. Masyarakat Banyumas punya keahlian nderes kelapa untuk dijadikan gula. Oleh karena itu adanya istilah gula klapa berasal dari Banyumas. Gula berwarna merah, kelapa berwarna putih.
Bendera gula klapa merujuk pada warna merah putih.
Adegan kedhatonan diisi dengan lagu -lagu sigrak gumyak. Sudah barang tentu lagunya berkaitan dengan sistem produksi kabupaten Banyumas dan sekitarnya. Berkumandanglah gendhing ricik- ricik Banyumas, Puji, Srepeg Banyumas, Gunung Slamet dan Gula Klapa.
Masing- masing gendhing ini mempunyai nilai etis filosofis yang tinggi. Syairnya memuat tuntunan tontonan dan tatanan. Jasa besar Sri Susuhunan Amangkurat Agung dan garwa prameswari Kanjeng Ratu Wiratsari harus dilestarikan. Keduanya merupakan priyayi luhur yang mewariskan keutamaan, kemuliaan dan keteladanan. Sri Susuhunan Amangkurat Agung adalah raja Mataram yang menjunjung tinggi prinsip ambeg adil paramarta, ber budi bawa laksana, memayu hayuning bawana. Sunan Amangkurat kerap lelaku di Kali Serayu.
Pucung
Ing Serayu kali ayu lan rahayu,
Sunan Amangkurat,
Tapa kungkum tapa ngeli,
Mesu jiwa anoraga cipta rasa.
Sedang Kanjeng Ratu Wiratsari merupakan mustikane putri tetunggule widadari. Sedang Raden Tumenggung Martayuda II adalah Bupati sembada wirotama. Masyarakat Banyumas labuh labet Sinuwun Amangkurat Agung dan Kanjeng Ratu Wiratsari dengan tinta emas.
Kabupaten Banyumas yang selalu berulang tahun tiap tanggal 22 Pebruari punya sejarah yang panjang. Kekayaan alam yang siap diolah bisa membuat kemakmuran. Budaya adi luhung menyebabkan masyarakat hidup guyub rukun. Seni edi peni memperlancar jiwa segar. Sejarah budaya, seni dan lingkungan di kabupaten Banyumas siap menyongsong masa depan yang lebih cemerlang. Kerajaan Pajang termasuk leluhur Prabowo Subianto, yakni Joko Tingkir yang tersohor.
Sinom
Garwa dalem Amangkurat,
Kanjeng Ratu Wiratsari,
Katelah Ratu Kencana,
Tedhak turun Jaka Tingkir,
Nyata putri linuwih,
Tingkah laku agung luhur,
Mbangun nagri Mataram,
Gemah ripah loh jinawi,
Wiwit brang wetan nganti tlatah Banyumas.
Babad Banyumas berisi wulangan wejangan wedharan. Amangkurat Agung raja Mataram selalu dikenang oleh masyarakat Banyumas. Saat itu perusahaan maju hidup pun tambah bermutu.
Maskumambang
Bungah susah yekti gawane ngaurip,
Kawula tlatah Banyumas,
Mersudi luhuring budi,
Suwita Kraton Mataram.
Orang Banyumas bangga sebagai kawula Mataram.
Istana kedhaton Pamase di Lesmana Ajibarang Banyumas dibangun oleh Kanjeng Ratu Wiratsari garwa prameswari Sinuwun Amangkurat Agung dengan amat megah mewah indah. Gagrak Banyumas makin tersebar mencar kawentar. Pengaruh sampai Banjarmasin Kalimantan Selatan. Sekarang berdiri Universitas Lambung Mangkurat. Relasi kegiatan ekonomi leluhur Prabowo Subianto sungguh luas.
VII. Bakti Ekonomi untuk Rakyat.
Kegiatan ekonomi sudah dirintis oleh leluhur Prabowo Subianto di Kadipaten Banyumas. Pilihan Banyumas sebagai kantor cabang Mataram memang tepat. Keuntungan finansial dan kultural begitu besar. Terutama dari segi diplomasi kenegaraan. Misalnya lewat usaha pertambangan emas di desa Pancurendhang Ajibarang Banyumas.
Durma
Tuking rukmi aneng desa Pancurendhang,
Rajabrana mas micis,
Sumber penghasilan,
Tumrap praja Mataram,
Mbudidaya Wiratsari,
Sri Amangkurat,
Mersudi urup urip.
Maju terus Mas Prabowo Subianto,
Bakti kanggo negari,
Pengabdian rakyat,
Kutha karang padesan,
Nggancarake dagang petani,
Lumampah lancar,
Panguripan luwih becik.
Perusahaan berkembang pesat. Raja Mataram Pelopor Tambang Emas. Pada tanggal 24 April 1646 Amangkurat, raja Mataram mendirikan istana Kedhaton Pamase di Lesmana Ajibarang Banyumas. Istana ini sekaligus kantor usaha pertambangan yang terkenal di kawasan Asia Tenggara.
Usaha pertambangan emas itu dilakukan di desa Pancurendang kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Keahlian Amangkurat dalam bidang pertambangan diperoleh semasa belajar di Negeri Jerman.
Bagaimana biografi raja Mataram ini? Nama kecil Amangkurat Banyumas atau Amangkurat I atau Amangkurat Agung yakni Gusti Raden Mas Sayidin. Ayahnya adalah Sultan Agung Hanyakra Kusuma raja Mataram tahun 1613-1645. Ibunya adalah Ratu Batang.
Kelak Gusti Raden Mas Sayidin pada tahun 1645 menjadi raja Mataram keempat. Bergelar Sinuwun Amangkurat Agung atau Amangkurat Banyumas Senapati Ing Ngalaga Khalifahtullah Ngabdurrahman Sayidin Panetep Panatagama.
Menikah dengan Ratu Mas, putri Pangeran Pekik Bupati Surabaya. Lahir Raden Rahmat Kuning. Kelak bergelar Sinuwun Amangkurat Surabaya atau Amangkurat Amral raja Mataram tahun 1677-1703. Ratu Mas sumare di Astana Pajimatan Girilaya.
Garwa prameswari kedua bernama Kanjeng Ratu Wiratsari atau Kanjeng Ratu Kencana. Lahir Gusti Raden Mas Drajad. Kelak bergelar Sinuwun Paku Buwana I raja Mataram tahun 1708-1719. Dengan garwa prameswari Kanjeng Ratu Mas Balitar.
Masa kejayaan pantas dikenang.
Kejayaan nenek moyang kita diungkapkan dengan istilah negeri kang panjang punjung pasir wukir, gemah ripah loh jinawi, tata tentrem karta raharja. Masa kejayaan Kraton Majapahit diteruskan oleh Kraton Demak, Pajang dan Mataram. Kerajaan Mataram membawahi Kabupaten Tegal. Secara kronologis raja yang pernah memerintah kraton Mataram yaitu:
Panembahan Senopati (1575-1601).
Prabu Hanyakrawati (1601-1613).
Sultan Agung (1613-1645).
Susuhunan Amangkurat Agung (1645-1677).
Susuhunan Amangkurat Amral (1677-1703).
Susuhunan Amangkurat Mas (1703-1708).
Susuhunan Paku Buwana I (1708-1719).
Susuhunan Amangkurat Jawa (1719-1726)
Susuhunan Paku Buwana II (1726-1749).
Susuhunan Paku Buwana III (1749-1788)
Raja keempat Kraton Mataram (1645-1677) adalah Sri Susuhunan Amangkurat Banyumas atau Amangkurat Agung atau Susuhunan Tegal Arum. Nama kecil Sri Susuhunan Amangkurat Agung adalah Gusti Raden Mas Sayidin. Sejak remaja gemar mencari ilmu, rajin beribadah dan taat kepada orang tua. Ayahnya bernama Sultan Agung, yang mewariskan nilai keluhuran, kebajikan, kepahlawanan dan keteladanan. Sri Amangkurat Agung dididik oleh Sultan Agung dalam bidang kenegaraan, pemerintahan, keagamaan, kesenian, kesusilaan.
Dalam kehidupan sehari hari Amangkurat atau GRM Sayidin suka bersedekah, berjiwa sosial dan selalu memikirkan nasib orang lain. Beliau menjalankan perintah agama sebagaimana yang diajarkan oleh para ulama. Agama ageming aji, dengan memeluk agama maka hidup menjadi terarah dan benar. Orang akan selamat di dunia dan akhirat.
Perjalanan sejarah Sri Susuhunan Amangkurat Banyumas atau Amangkurat Agung perlu dipelajari, dipahami, dikaji, agar kita mendapat hikmah, suri tauladan. Beliau adalah raja Mataram yang besar dan terhormat.
Bagaimana kisah Sri Susuhunan Amangkurat Agung atau Amangkurat Banyumas ? Beginilah kisah nyata yang sesuai dengan fakta sejarah. Dinasti Mataram selanjutnya dipimpin oleh Sunan Amangkurat I. Bratadiningrat (1990) meriwayatkan silsilah Sunan Amangkurat I. Kutipan dalam bahasa Jawa secara lengkap adalah sebagai berikut: Sampeyan Dalem Ingkang Sinuwun Kanjeng Susuhunan Prabu Amangkurat Agung utawi Amangkurat Banyumas Ing Nagari Mataram, putra Sampeyan Dalem Ingkang Sinuwun Sultan Agung Prabu Hanyakrakusuma. Miyos saking Prameswari Dalem G.K.R. Kulon.
Asalsilahipun Sampeyan Dalem Ingkang Sinuwun Kanjeng Susuhunan Prabu Amangkurat Agung utawi Ama Banyumas Nagari Mataram:
Ingkang Sinuwun Prabu Brawijaya V ing Majapahit, peputra.
R. Bondhan Kejawen Ki Ageng Tarup III, peputra:
Ki Ageng Dhukuh ing Wonosobo, peputra
Pangeran Madhe Pandhan peputra:
R. Adipati Mondoroko, Ki Jurumartani, peputra:
Pangeran Adipati Hupasanta ing Batang, peputra:
GKR Kulon, karan GKR Batang, peputra
Sampeyan Dalem Ingkang Sinuwun Prabu Amangkurat Agung, ing Mataram. G.R.K. Sayidin.
Prameswari dalem nomer 1 putrinipun Pangeran Pekik saking Surabaya. K.R. Kulon. Prameswari dalem nomer 2 putrinipun Panembahan Radin, ing Pajang. G.K.R.Wetan. Putra Putri Dalem sadaya:
Sampeyan Dalem Ingkang Sinuwun Kanjeng Susuhunan Prabu Amangkurat Mas Amral, miyos saking Prameswari GKR Mas.
Sampeyan Dalem Ingkang Sinuwun Kanjeng Susuhunan Paku Buwana I utawi Puger, miyos saking Prameswari Dalem nomer 2, G.K.R. Wiratsari
G.R.Ay. Pamot.
G.P.H. Martosono
G.P.H. Singasari.
G.P.H. Silarong.
G.P.H. Notoprojo.
G.P.H. Ronggosatoto.
G.P.H. Panular.
G.R.Ay.Adip. Sindurejo.
G.R.Ay. Kletingkuning.
G.R.Ay. Mangkuyudo.
G.R.Ay.Adip. Mangkuprojo.
G.P.H. Mataram.
G.R.Ay. Danurejo.
G.R.Ay. Wiromenggolo.
Banyumas wilayah penting. Kabupaten Tegal merupakan pendukung utama kepemimpinan Sunan Amangkurat Agung. Di Kabupaten Tegal terdapat handai taulan, kerabat jaringan yang sangat setia pada Amangkurat Agung yang bertahta di Mataram. Amangkurat Banyumas atau Amangkurat Agung berhubungan erat dengan para pejabat, seniman, cendekiawan, budayawan, pengusaha di wilayah pesisir utara dan barat Mataram.
Mulai dari Banyumas, Cilacap, Kebumen, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Purworejo, Temanggung, Magelang selalu berhubungan manis. Diplomasi juga dengan daerah Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Kendal, Batang, Semarang, Jepara, Pati, Rembang, Tuban, dan Lamongan yang merupakan kawasan pesisir utara bersahabat erat dengan Sunan Amangkurat Banyumas atau Amangkurat Agung. Sunan Amangkurat Agung terlampau populer. Amangkurat Banyumas begitu luhur misuwur.
Istana Kedhaton Pamase Ajibarang Banyumas. Mataram punya pusat pemerintahan yang berada di Lesmana Ajibarang Banyumas. Istana Mataram ini bernama Kedhaton Pamase. Amangkurat Banyumas adalah sebutan untuk Amangkurat I. Karena lama tinggal di Banyumas. Dengan suasana gunung Slamet yang indah permai.
Gambuh
Papan kidul pununjul,
Gunung Slamet agung kaya payung, Ambawahi wilayah Banyumas kang peni,
Amangkurat terus ambangun,
Sigrak gumyak gotong royong.
Prabowo sinengkuyung,
Mandhegani negara kang agung,
Nusantara ngalami kencana rukmi,
Masyarakat adil makmur,
Terus suminar sumorot.
Pilihan Amangkurat memang tepat. Kraton Mataram semakin terkenal, arum kuncara nganti jaban rangkah. Rakyat hidup makmur. Sandang pangan berlimpah ruah. Kesenian mengagumkan sampai manca negara. Pendidikan maju. Semua anak Jawa dapat membaca aksara Jawa.
Istana dibangun megah nan indah. Kerajinan perak Kotagedhe, batik Pekalongan, tekstil Laweyan dan ukir ukiran Jepara dibina. Sri Amangkurat Agung atau Amangkurat Banyumas menjadi sosok hebat, kuat, berbakat, bersahabat, bermartabat, berderajat, berpangkat dan memikat.
Popularitas Amangkurat Agung membuat cemburu, panas hati dan iri di kalangan pengusaha dan penguasa di wilayah bang wetan. Persaingan politik dan bisnis antara pesisir utara dan bang wetan memang cukup sengit. Sri Amangkurat difitnah, namanya dijelek jelekkan, reputasinya dirusak.
Tetapi Allah Swt tidak sare. Tuhan Maha Tahu. Allah Maha Adil. Sing becik bakal ketitik, sing ala bakal ketara. Hukum alam pasti berbicara. Sing nandur bakal ngundhuh. Fitnah lebih kejam daripada pembunuhan. Sinar keagungan Sri Amangkurat selamanya tetap memancar ke seluruh penjuru jagat raya, marbabak bang sumirat, keneng soroting surya, mega lan gunung gunung.
Agenda Kerajaan Mataram mempunyai tradisi untuk tedhak, yaitu berkunjung ke daerah seluruh kabupaten di tanah Jawa. Sri Amangkurat rajin menyapa kawula alit, rakyat jelata di pesisir dan manca negara. Terjalin hubungan batin yang mendalam. Semua kayungyun marang pepoyaning kautaman. Sing cedhak mangklung, sing adoh mentiyung. Sami pasok blondhong pengareng-areng, peni peni raja peni, guru bakal guru dadi.
Raja Amangkurat Banyumas atau Amangkurat Agung mempunyai jadwal kunjungan kerja ke wilayah barat dan pesisir utara. Rute perjalanan yang ditempuh mulai tanggal 28 Juni 1677 berangkat dari Plered. Kunjungan kerja pada tanggal 1 Juli 1677 berada di daerah Bocor Kedu. Tanggal 2 Juli 1677 rombongan Amangkurat Agung melakukan bawa rasa dengan Bupati Kebumen.
Pangkur
Jeng Pangran Kajor kocap,
Sentana kang sugih inten mas picis,
Bandha bandhu tanah mbrewu,
Tedhak Pangeran Benawa,
Wus misuwur trah Pajang kang makmur,
Wiratsari ingkang putra,
Ginarwa Sri Amangkurat.
Trah Prabowo Subianto,
Ndarbeni peni peni raja peni,
Sugih bandha sugih bandhu,
Ngedegna bank negara,
Ingkang eyang Margono berjuang sampun,
Sumitro wus mandhegani,
Mrih jejege ekonomi.
Tradisi bisnis logam mulia sudah dilakukan leluhur Prabowo Subianto.
Kunjungan selanjutnya terjadi pada tanggal 5 Juli 1677 di Kabupaten Cilacap. Sunan Amangkurat Agung karena fisiknya sudah tua dan merasa mendapat firasat bahwa usianya tidak panjang lagi, maka beliau beristirahat di desa Lesmana Ajibarang Banyumas, antara tanggal 6 – 10 Juli 1677. Selama empat hari tersebut Sunan Amangkurat Agung memberi wejangan luhur kepada rombongan dan pengikutnya. Sampai saat ini satu satunya kabupaten di Jawa Tengah dan Jawa Timur yang mendapat kehormatan untuk pemakaman raja adalah kabupaten Tegal. Masyarakat Tegal beserta aparatnya pantas berbangga dan berbesar hati. Semua Bupati Tegal menghormati Sunan Amangkurat Agung sebagai tokoh yang pantas dan pantas.
Jasa besar Sri Susuhunan Amangkurat terutama dalam bidang ekonomi. Dari Banyukerto berubah menjadi Banyumas. Karena menjadi sentra pertambangan emas.
Usaha tambang emas yang dilakukan oleh Amangkurat sukses gemilang. Kantor usaha pertambangan itu di desa Lesmana Ajibarang Banyumas. Tempat usaha pertambangan emas di desa Pancurendang. Dekat dengan istana kedhaton pamase. Hasil tambang itu digunakan untuk kesejahteraan seluruh rakyat.
Mataram tampil sebagai negara yang berwibawa. Sri Susuhunan Amangkurat memerintah Kraton Mataram tahun 1645-1677. Saat menjadi raja, Sri Amangkurat berhasil menjadikan Kerajaan Mataram sebagai negara yang makmur, aman damai. Sandang pangan tercukupi, sehingga kehidupan rakyat guyub rukun.
Sawah, irigasi, bendungan dibangun dan dipelihara dengan baik. Tanaman padi, ketela dan jagung tumbuh ijo royo royo.
Tata kelola air sungguh menjadi perhatian yang utama bagi Sri Amangkurat. Kali Opak, Kali Oya, Kali Winanga, Kali Serayu, Kali Progo, Kali Gung, Kali Brantas, Umbul Pengging dan Umbul Cakra dijaga dan diatur.
Darah intelektual mengalir pada diri Prabowo Subianto.
Gunung, hutan rimbun dengan aneka hewani dan nabati. Gunung Kendheng, Gunung Lawu, Gunung Sundara, Sumbing dan Slamet dijadikan sebagai kawasan yang berfungsi untuk menjaga kelestarian alam. Kunjungan Sri Amangkurat ke berbagai daerah ditujukan untuk mempererat hubungan pemimpin rakyat atau manunggaling kawula Gusti. Maka Raja Pajang memberi perintah kepada Pujangga Pangeran Karanggayam.
Dhandhanggula
Guru bangsa mbabar wiyatadi,
Kawentar Pangeran Karanggayam,
Saking wilayah Kebumen,
Pituduh barang kawruh,
Paugeran tata negari,
Peprentahan bebrayan,
Pandoming pandulu,
Jeng Sultan Hadiwijaya,
Paring dhawuh murih rahayu lestari,
Pujangga Kraton Pajang.
Wulang wuruk wejangan utami,
Prabowo Subianto angarah,
Minangka dharah penggedhe,
Kudu mangerti hukum,
Paugeran myang tata krami,
Mengabdi masyarakat,
Kutha desa dhusun,
Cukup sandang pangan papan,
Kang den udi rakyat makmur lahir batin,
Lila pasrah sumarah.
Tiap kali tedhak pasti ajak ajak. Daerah kunjungan Sri Amangkurat yaitu: Malang, Tulungagung, Ponorogo, Tuban, Rembang, Jepara, Semarang, Batang, Pekalongan, Cilacap dan Tegal. Setiap kali berkunjung ke pelosok, segenap rakyat selalu menyambut dengan gegap gempita. Sri Amangkurat memang raja agung binathara, mbahu dhendha nyakrawati.
Bidang rohani dan pendidikan budi pekerti mendapat prioritas utama. Masjid, mushala dan surau dibangun dengan kayu jati terpilih. Sanggar sanggar seni diberi bantuan. Kerawitan, pedalangan, tari dan teater berkembang pesat. Kerajaan Mataram betul betul ideal. Sri Amangkurat berprinsip pada ajaran, amemangun karyenak tyasing sesama.
Generasi muda mendapat tepa palupi. Alangkah indahnya sejarah Banyumas Sebagai Ibukota Kraton Mataram. Setiap hari Kamis Sri Amangkurat memberi jatah makan kepada fakir miskin, kaum dhuafa, janda dan anak yatim. Nasib mereka menjadi tanggungan raja Mataram. Tidak boleh rakyatnya kelaparan. Sebagai seorang raja, nyata nyata Kanjeng Sri Amangkurat punya tanggung jawab penuh. Gawa gawene narendra binathara.
Pangkur
Kaloka Sri Ratu Batang,
Ing Mataram minangka prameswari,
Garwanipun Sultan Agung,
Miyos Sri Amangkurat,
Sampun purun tlatah Banyumas binangun,
Narendra gung binathara,
Mbahu dhendha nyakrawati.
Patuladhan kang utama,
Prabowo Subianto angawruhi,
Labuh labet pra leluhur,
Kanjeng Sunan Prawata,
Narendra gung Demak ingkang dadya payung,
Tumraping para kawula,
Amrih bisa urup urip.
Prabowo Subianto punya leluhur yang mulia. Ber bandha ber bandhu. Sri Amangkurat Banyumas paring banyu marang wong kasatan, paring payung marang wong kudanan, paring teken marang wong kalunyon, paring obor marang wong kepetengen.
Joko Kahiman berhubungan dengan Tumenggung Hupasanta yang menikah dengan Ratu Batang. Selama menjadi raja Mataram, memang Sri Amangkurat Banyumas menjalin hubungan diplomasi dan bisnis dengan negara sahabat. India, Cina, Arab, Afrika dan Eropa pernah diajak kerjasama yang saling menguntungkan. Kraton Mataram terkenal sebagai penghasil beras, palawija, kayu jati, batu permata, kerajinan perak, kain batik, gamelan dan wayang. Asal usul Ratu Batang terkait dengan Bupati Banyumas. Leluhur Prabowo Subianto memang trahing kusuma.
Kinanthi
Kanjeng Ratu Mas Serayu,
Pinilih putri linuwih,
Atmaja Joko Kahiman,
Hupasanta malakrami,
Miyos Kanjeng Ratu Batang,
Sultan Agung ing Mentawis.
Ulat patrap tingkah laku,
Kinarya tepa palupi,
Mas Prabowo Subianto,
Ujar aris tembung manis,
Sambang sambung pasrawungan,
Lelandhesan hukum becik.
Serayu merupakan kali panjang yang penuh makna. Karya warga Mataram itu sungguh telah mendatangkan kemakmuran. Interaksi sosial Sri Amangkurat berdasarkan ajaran Rahmatan lil alamin, memayu hayuning bawana, ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berkeadilan.
Kraton Mataram mengalami masa kejayaan, keemasan, cemerlang, gemilang. Kerajaan Mataram di bawah kepemimpinan Sri Susuhunan Amangkurat Banyumas atau Agung menjadi negara besar dan kuat, gedhe obore, padhang jagade, jero tancepe, adoh kuncarane, ampuh kawibawane. Sudah selayaknya jika Bupati Tegal, Ki Enthus Susmono memberi nama pusat pemerintahan Kabupaten Tegal dengan nama kebesaran Pendopo Amangkurat Tegalarum atau Amangkurat Banyumas.
Nama Amangkurat Agung atau Amangkurat Banyumas atau Amangkurat Tegalarum atau Amangkurat I betul betul agung. Wangi semerbak ke kanan dan ke kiri. Raja Amangkurat Mataram sejak tahun 1645 memerintah Kraton Mataram dengan bijak bestari.
Narendra gung binathara mbahu dhendha nyakrawati, ambeg adil para marta, Ber budi bawa laksana, memayu hayuning bawana.
Amangkurat Banyumas memang mengalirkan peradaban emas. Kekayaan berlimpah ruah menurun pada diri Prabowo Subianto dan keluarga.
Dhandhanggula
Pantes luwes kinarya palupi,
Labuh labet raja Amangkurat,
Yasa Kedhaton Pamase,
Sayekti tangguh ampuh,
Mbangun jaman kencana rukmi,
Lesmana Ajibarang,
Pancurendhang mancur,
Emas picis rajabrana,
Bandha bandhu budi linangkung utami,
Rata bumi Mataram.
Semut ireng ngendog jroning geni,
Ana merak memitran lan baya,
Keong sakenong matane,
Tikuse padha ngidung,
Kucing gering ingkang njagani,
Kodhok nawu segara,
Oleh bantheng sewu,
Precil-precil kang anjaga,
Semut nangrang angrangsang gunung merapi
Wit ranti awoh dlima
Semua bermuara pada kemuliaan. Jelas tegas dan tuntas. Tambang emas di desa Pancurendang Ajibarang Banyumas dilakukan Amangkurat Agung sejak tahun 1645. Kas kerajaan Mataram berlimpah ruah. Seluruh rakyat menjadi subur makmur kaya raya. Ketahanan kerajaan Mataram berbasis kemakmuran. Begitulah narasi masa silam Prabowo Subianto yang terpilih sebagai Presiden RI.
Dhandhanggula
Prabowo Subianto pinilih,
Angembani bumi nusantara,
Ngasta minangka Presiden,
Nulat dhawuh leluhur,
Demak Pajang lan Majapahit,
Nata kraton Mataram,
Darma bekti tuhu,
Njunjung drajating kawula,
Mrih lestari gemah ripah loh jinawi,
Warata saknegara.
Trahing kusuma rembesing madu.
Prabowo Subianto memiliki garis historis yang anggun dan agung. Dengan konsep Notonagoro segala cita cita luhur tercapai. Jumbuh kang ginayuh, sembada kang sinedya. Negara Kesatuan Republik Indonesia memang panjang punjung pasir wukir, gemah ripah loh jinawi, tata tentrem karta raharja.rel