Pemkab Toba Sediakan 5 Macam Pelayanan Masyarakat di Acara Gereja HKBP Baruara

Share:

 

Pemerintah Kabupaten Toba hadir di tengah masyarakat jemaat Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Baruara /ist



BALIGE  | GARDA.ID

 Pemerintah Kabupaten Toba hadir di tengah masyarakat jemaat Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Baruara untuk ikut bersukacita merayakan ibadah syukur dan memberi pelayanan masyarakat : pengurusan catatan sipil kependudukan, pengobatan gratis,cek darah dan kontrol penyakit tidak menular,konsultasi Pajak Bumi dan Bangunan, konsultasi Aplikasi Elsimil (Elektronik Siap Nikah dan Hamil) untuk mencegah stunting pada anak, dan penyediaan perpustakaan keliling.


Kelima pelayanan masyarakat ini diperintahkan Bupati Toba Poltak Sitorus bekerja seiring Acara Ibadah 

Minggu XIX Dung Trinitas Pesta Puncak Tahun Kesehatian 2022, Pesta Gotilon dan Ulang Tahun Huria Ke-133  Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Baruara Resor Baruara, di Desa Baruara,Balige, Kabupaten Toba, Minggu (23/10/2022).


Sebelumnya jajaran Pemkab Toba yang dipimpin Bupati Poltak Sitorus dan Wabup Tonny M.Simanjunyak mengikuti ibadah Minggu di gereja tersebut ,dengan topik Manaon na Porsuk songon siihuthon Kristus (ikut menderita sebagai prajurit Kristus). 


Sebagai pengkhotbah Pdt. Marlon G.Simanungkalit ,S.Th menyamakan khotbah ,mengutip ayat Alkitab 2Timoteus2 :1-13 yang berintikan  Kesempatan hidup yang diberikan Tuhan ini untuk hal-hal kebaikan.


Bupati Poltak Sitorus saat memberikan kata sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada pendeta,penatua  dan jemaat  gereja HKBP Baruara atas pesta yang dilaksanakan. 


Pesta Gotilon merupakan ucapan syukur atas berkat yang diterima dari Tuhan. Atas HUT ke-133 HKBP Baruara, diucapkan semoga panjang umur gereja dan jemaatnya.


Kemudian makna Pesta Puncak Kesehatian 2022, disebutkan agar seluruh jemaat sehati. Wujudnya seperti bergotong royong di desa.Desa harus bersih , menerapkan Poda Nalima yaitu Paias Rohamu( bersihkan hatimu),Paias Pamatangmu, (bersihkan badanmu),Paias Paheanmu (bersihkan pakaianmu), Paias Bagasmu ( bersihkan rumahmu) dan  Paias Pakaranganmu (bersihkan lingkunganmu).


Di bidang pertanian ,untuk mengatasi persoalan pupuk, diminta seluruh petani di Desa Baruara agar menggunakan pupuk organik , dengan bimbingan tenaga ahli dari Dinas Pertanian Kabupaten Toba.


Dalam kesempatan ini, Bupati Poltak juga menyosialisasikan kepribadian Batak Naraja (Marugamo (saling peduli),Maradat(sopan santun) ,Maruhum (taat hukum) dan Marparbinotoan (berilmu pengetahuan).


Pun ada Salam Batak Naraja ,yaitu salam Batak yang juga digunakan dalam menyambut wisatawan layaknya kerabat Tulang atau Nantulang yang sangat dihormati. Salam ini menempelkan kedua telapak tangan , menempatkan di dada ,menundukkan kepala sembari mengucapkan kata Horas.


Ia menginformasikan bahwa pada 24-26 Februari 2023 mendatang, akan digelar International Boat race F1H2O , diperkirakan puluhan  ribu pengunjung dan wisatawan.


"Dimana mereka menginap? Selain hotel , homestay,mereka akan menginap di rumah masyarakat. Jadi  rumah harus bersih  dan kamar mandi (toilet), " katanya.


Ini adalah kesempatan menambah pendapatan keluarga melalui kegiatan internasional ini. Nanti, lanjutnya, kepada wisatawan bisa diberikan cerita  tentang adat Batak sekaligus makanan yang halal.


Sebelum menutup sambutannya, Bupati Poltak memberikan apresiasi dan motivasi kepada pelajar yang juara 1-3 di sekolah. Kepada pelajar SMP didorong agar lebih rajin belajar agar bisa masuk sekolah SMA unggulan di Kabupaten Toba; SMA Del atau SMA Yayasan TB Soposurung.


" Kita dorong supaya pintar karna mereka lah nanti yang menentukan  masa depan kita .Bila orang tua tidak mampu maka Pemerintah Kabupaten Toba akan memberikan bea siswa," kata Bupati Poltak Sitorus.

Turut hadir , Anggota DPRD Kabupaten Toba Frans Hendrik Tambunan,Sekdakab Toba Augus Sitorus , istri Bupati,Ny .Rita Marlina, istri Wabup Ny. Erna Grace dan Ny.Irmayanti istri Sekdakab Augus Sitorus.


Selanjutnya para pejabat Pemkab Toba: Asisten Ekbang, mewakili Inspektur Kabupaten, Ka Bappelitbangda,Plt.Kadis Pendidikan,Kadis PPKB,Kadis Kesehatan,Kaban Pengelola Pendapatan, mewakili Kadis Perpustakaan.rel

Share:
Komentar

Berita Terkini